REKAYASA PASAR

Dody Zuhdi
0

 



_Ilmu hikmah_


Wayan Supadno



Dalam usaha apapun hal mutlak harus ada kepastian pasar. Begitupun penelitian. Karena itu ujung tombak keberlanjutannya. Lestari tetap hidup atau tidaknya usaha atau penelitiannya.


Pemasaran, pembentuk arus kas keuangan untuk mendanai penelitian dan produksi pada siklus berikutnya. Biasanya berurutan sejak iklan, promosi dan penjualan agar rutin transaksi.


Akan sia - sia belaka, jika tanpa ada cashflow akibat transaksi, sebagai wujud dari karya tim pemasaran. Sekalipun mengaku produknya berkualitas dan kapasitasnya besar. 


Artinya sangat strategis. Karena cashflow adalah nadi usha. Yang menggerakkannya adalah pemasaran. Dari cashflow dapat laba. Lalu laba jadi bekal operasional dan pengembangan lebih lanjut.


Bisa kita bayangkan jika kita tiap hari membuat produk atau penelitian tapi pasar tidak menyerapnya. Pasti akan menumpuk di gudang. Menghabiskan biaya produksi. Memenuhi gudang yang diinvestasikan.


Kawula muda, idealnya sadar bahwa hampir semua pengusaha hebat mantan pemasar hebat. CEO hebat biasanya melalui proses jadi pemasar hebat. Artinya punya empiris berjasa besar pernah menggerakkan nadi usaha.


Pendek kata, jika mau jadi CEO dan pengusaha hebat. Syarat mutlak harus bisa jadi pemasar hebat terlebih dulu.  Karena itu jalan pintasnya. Sehingga mutlak dibutuhkan proses membekali diri ilmu dan skillnya.


Contoh ;


Martua Sitorus. Pendiri Willmar Group. Aset Rp 50 triliun lebih, terkaya ke 12 di Indonesia. Mengkaryakan puluhan ribu orang, sebagian mantan pengangguran jadi produktif. Mantan pemasar (loper) koran kelas ecek - ecek. Pemasar CPO minyak mentah sawit.


Susi Pudjiastuti. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Pemilik banyak perusahaan bidang perikanan dan penerbangan. Dianugerahi DR (HC), sebab berbuat mengubah keadaan masyarakat luas. Mantan pemasar ikan laut skala kecil.


H. Abd. Rasyid. Putra Pangkalan Bun Kalteng. Pemilik banyak perusahaan pabrik migor, kebun sawit ratusan ribu hektar dan sapi belasan ribu ekor, perkapalan, perhotelan dan lainnya. Karyawannya 40.000 orang lebih. Mantan pemasar kayu olahan parsial milik orang lain.


Ilmu hikmahnya. Bisa tampil berjasa besar bagi masyarakat luas karena pernah jadi pemasar. Persis kisah beringin besar sejuk rimbun tempat berteduh banyak orang, dari benih teramat kecil, karena gigih tumbuh adaptif dengan segala kondisi.


Kata kunci pemasar tampil luwes menyenangkan bukan menjengkelkan bagi orang lain, apalagi di mata tim dan pelanggannya. Tiada henti improvisasi diri. Menguasai dirinya, produk, medan pasar dan pesaingnya. 


Mereka selalu berusaha jadi manusia bermanfaat bagi orang lain. Itu yang saya tahu dari dekatnya.



Salam 🇮🇩

Wayan Supadno

Pak Tani

HP 081586580630

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)